Sejarah Pompa Air DAB

Sejarah pompa air pertamakali ditemukan oleh seorang ilmuan bernama Al-Jazari pada abad ke 12 di Mesopotamia pada tahun 1174, Al-Jazari adalah seorang teknisi ahli yang bekerja di Dinasti Bani Artuq yang pada saat itu menjadi penguasa wilayah Mesopotamia. Al-Jazari merupakan ilmuan yang berprestasi di Mesopotamia, bahkan dengan berbagai keahlian yang dimilikinya, Al-Jazari mendapat gelar Rais al-A’mal yang menunjukan dirinya sebagai pemimpin insinyur pada masa kepemimpinan Dinasti Bani Artuq.

Dengan kondisi Mesopotamia yang kering dan tandus, terkadang menyulitkan masyarakat untuk mendapatkan sumber air, walaupun disana mengalir sungai yang cukup besar tetapi masyarakat disana tidak mudah mendapatkannya karena tempat tinggal yang jauh dari sana, dengan hal tersebut Al-Jazari membuat sebuah mesin pompa air yang dapat mengalirkan air dari sungai kepemukiman warga.

Ketika itu sebenarnya masyarakat disana sudah mengenal peralatan seperti pompa air yang disebut dengan Shaduf dan Shaqiya, alat tersebut pada umumnya digunakan oleh masyarakat Asyria dan Mesir kuno. Pompa air Shaduf terderi dari balok Panjang yang ditopang dengan dua pilar kayu, sedangkan pompa air Shaqiya merupakan sebuah mesin bertenaga hewan yang bergerak dengan menggunakan dua roda gigi. Lalu kemudian Al-Jazari berhasil mengembangkan kedua alat tersebut menjadi sebuah mesin yang dapat memasok air dalam jumlah banyak, selain itu Al-Jazari pun berhasil memaksimalkan pengguaan balok kayu dan tenaga hewan yang dipakai untuk menggerakan dua alat sebelumnya.

Cara kerja mesin buatannya menggunakan roda gigi yang dapat menggerakan balok naik turun secara teratur dan pembuatan mesin ini mengombinasikan bahan-bahan yang terbuat dari besi yang dihubungkan dengan baut, perputaran roda mesin sebelumnya harus digerakan dengan tenaga manusia secara manual. Tetapi berkat kemampuan Al-Jazari, roda mesin dapat berputar terus menerus secara konstan, dan penemuanny dianggap sebagai penemuan yang sangat pentingdalam peralatan mekanik oleh ilmuwan dunia barat, karena metodenya menjadi dasar pembuatan mesin-mesin modern.

Dimasa sekarang pompa air sangat penting pada kelangsungan makhluk hidup, dan pompa air juga penting bagi kebutuhan lainnya seperti industry, perumahan dan tenaga listrik lainnya. Pompa air sebagaimana fungsi dan kegunaanya juga dapat digunakan sebagai hidraulik yang besar.

Seiring berkembangnya pompa air, disini kami ingin memperkenalkan pompa air DAB, dimana pompa air DAB merupakan perusahaan di Italia yang memiliki pengembangan teknologi dan inovasi air bersih selama puluhan tahun, DAB menjadi salah satu peranan penting disektor teknologi dan manajemen untuk sumber daya air. pilihan pompa air yang berkualitas yang anda inginkan. Dimana DAB adalah salah satu perusahaan besar yang selalu memproduksi pompa air yang memiliki kualitas yang sangat bagus.

Dab sudah mengeluarkan beberapa tipe dengan tiga jenis pompa air diantaranya:

Pompa Air Auto Jump
dimana cara kerja pompa air tersebut dapat menyedot air secara otomatis, karena tidak perlu menghidupkan atau mematikan mesin pompa air, jadi pompa air jenis ini sangat cocok digunakan diarea perumahan.

Pompa Air Jet Jump
pompa air yang memiliki tenaga untuk menyedot air yang sangat bertenaga dan bisa menghasilkan yang banyak dan cepat, jadi jenis pompa pompa air jet pump ini sangat cocok digunakan petani yang memiliki lahan atau perkebunan yang sangat luas.

Pompa Air non-auto pump
Pompa air jenis ini biasanya cara pengunaannya dengan cara dihidupkan tombol on terlebih dahulu sebelum digunakan, dan pompa air akan bekerja menyedot air untuk mengisi penampungan air, kalau sudah tidak digunakan kita mematikannya dengan menekan tombol off secara manual, dan pompa air seperti ini biasanya digunakan dirumah-rumah pemukiman warga.

Saat ini penggunaan mesin pompa air rumah tangga, Indonesia masih mendominasi. Dibandingkan mengunakan air yang mungkin memang belum bisa melayani seluruh masyarakat, karena berbagai kendala, meski begitu Pompa air juga bisa digunakan ketika membutuhkan air bersih.

Bagi kamu yang sangat mengandalkan air dalam tanah dan kehidup sehari-hari, tentu akan merasa kesal ketika membutuhkan air bersih, namun apabila pompa air bermasalah, sehingga ketersediaan air menjadi berkurang, untuk itu kamu harus teliti dalam memilih merk pompa air terbaik dan harus sebisa mungkin pilih merk pompa air yang bagus dan awet. Pastinya memilih pompa air yang Bergaransi, Berlisensi dan Berkualitas. Sehingga kamu tidak akan kekurangan air bersih karena memiliki daya sedot maksimal.