Pompa yang awet ? Perawatannya bagaimana?

Tingginya curah hujan akhir – akhir ini di beberapa daerah di Indonesia dan bahkan ada yang mengalami kebanjiran . Menimbulkan tanya di benak warga yang memakai pompa .

Apakah pompa kami awet ? apalagi yang daerahnya terkena imbas banjir ? apakah ada korelasinya dengan air kotor bisa mempengaruhi pompa . Dan pemilihan pompa juga ada korelasinya dengan pompa berjalan baik dan cepat rusak ( menilik artikel Dab sebelumnya ) mengenai tips memilih pompa .

Sekarang kita bahas di laman artikel ini , Jika anda sudah memilih atau menentukan pompa apa yang cocok dengan apa yang menjadi kebutuhan . Maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan rutin .
Melakukan perawatan rutin apa saja yang bias kita lakukan , berikut tips merawat pompa air dengan benar :

1. Gunakan pipa paralon yang masuk ke dalam tanah dengan Panjang sesuai daya isap pompa ,
Misal dengan daya isap maksimalnya 20 meter, gunakan pula pipa berukuran 20 Meter ( Jangan yang berukuran lebih pendek ) . Hal ini akan mendukung daya dorong pompa dan otomatis membuat pompa lebih baik.

2. Letakkan mesin pompa air listrik anda di tempat yang teduh. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan atau mencegah sinar matahari langsung dan air hujan , serta mencegah agar tidak terjadi korsleting dari system pompa listriknya.

3. Bagian lantai area mesin sebaiknya bersih atau terhindar dari air atau bisa dibuatkan pelindung ( Tutup ) . Karena penempatan di tempat yang terbuka atau terkena sinar matahari langsung bukanlah hal baik untuk kondisi mesin pompa itu sendiri .

4. Bersihkan pompa air secara berkala
Dengan memebersihkan pompa air secara berkala maka kotoran pada dynamo motor pompa akan hilang dan bekerja dengan maksimal .Jika anda mengalami kesulitan untuk membersihkannya atau anda belum memahami bagian mana saja yang bisa di sentuh dan tidak , anda bisa meminta bantuan pada jasa pompa air yang sudah paham dan punya pengalaman.

Apakah anda sudah pernah melakukan tips seperti di atas ?
Semoga artikel ini membantu bagi anda yang ingin dan sudah memiliki pompa air .