asal usul mudik di indonesia

Setiap dari kita sudah mengetahui dan merasakan apa yang namanya mudik. ya, istilah ini sebenarnya sudah banyak yang melakukan perjalanan mudik kembali ke kampung halaman setelah dalam waktu tertentu merantau di pulau lain yang ada di indonesia atau di negara lain dalam berbagai macam kegiatan mulai dari belajar, mencari rezeki dan hal lainya.

Tapi taukah anda asal muasal mudik yang sering kita lakukan di setiap tahun ketika menjelang lebaran. seperti yang kita tahu, mudik lebaran merupakan tradisi inklusif yang memiliki ikatan kuat dalam kekeluargaan. Maka tak heran, setiap keluarga akan mengumpulkan dana agar bisa turut serta merayakan tradisi mudik ini.

Asal kata mudik
seperti yang sudah kami kumpulkan dari beberapa sumber menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata mudik berartikan pulang ke kampung halaman. Tetapi, kata mudik ini merupakan singkatan dari ‘mulih dilik’, yang berasal dari bahasa Jawa Ngoko, yang artinya pulang sebentar. Nah sahabat DAB Indonesia sudah tau kan asal muasal kata mudik.

Dari berbagai sumber yang telah ditelaah, mudik ini juga berdekatan dengan kata ‘udik’ yang berarti kampung, desa, dan dusun. Dengan alasan ini juga maka mudik dijadikan sebagai istilah dari pulang kampung.

Untuk anda yang sedang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman semoga selamat sampai tujuan dan kembali dengan selamat.