Gerojokan sewu

Indonesia dimata dunia merupakan negara yang mempunyai banyak tempat tempat indah yang mengundang para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang mengunjunginya. Dari mulai pegunungan , laut, danau maupun lainnya. Salah satu diantara tempat-tempat wisata yang indah yang dapat kita kunjungi adalah air terjun. Air terjun banyak kita temui disetiap wilayah kepulauan di Indonesia.

Salah satu air terjun yang memukau mata kita yaitu “GROJOGAN SEWU”. Grojogan berasal dari bahasa Jawa yang artinya air terjun sedangkan sewu berarti seribu. Dengan demikian grojogan sewu berarti air terjun seribu. Meskipun memiliki arti air terjun seribu bukan berarti air terjunnya berjumlah seribu, tetapi kata seribu disini maksudnya adalah seribu pecak atau seribu tapak yang merupakan satuan jarak yang digunakan pada jaman dahulu untuk mengukur ketinggian air terjun ini.

Grojogan sewu terdapat di lereng Gunung Lawu dipropinsi Jawa tengah tepatnya di kabupaten Karanganyar kecamatan Tawangmangu. Tepatnya terletak didalam area hutan wisata yang memiliki luas kurang lebih 20 ha. Selain ditumbuhi bermacam macam tumbuhan hutan dan pepohonan yang besar dan rindang, kita juga bisa temui kera-kera yang jinak yang telah lama berkembang biak dihutan ini.

Tempat ini cocok untuk para wisatawan yang ingin menenangkan fikiran sambil menikmati keindahan air terjun yang ada grojogan sewu ini dan menghirup udara segar dari pepohonan yang ada disekitar air terjun.