Sudah sehatkah air yang anda konsumsi sekarang ?

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital untuk manusia dan makhluk hidup lainnya. Untuk aktivitas sehari-hari, manusia sangat membutuhkan air. Yang kita ketahui air yang bersih dan jernih itu sudah sehat dan bagus serta layak untuk kita konsumsi, tetapi apakah air yang kita konsumsi itu benar-benar sudah sehat dan layak untuk kita konsumsi???……..

Air bersih yang kita pergunakan sehari-hari harus mempunyai kualitas kebersihan dan memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat kita minum apabila sudah dimasak. Air bersih yang dimaksudkan disini adalah air yang layak dikonsumsi bukan yang layak digunakan sebagai penunjang kegiatan MCK saja. Karena pastinya standar untuk kualitas air bersih yang dapat dikonsumsi tentu lebih tinggi dibandingkan dengan air bersih yang digunakan untuk MCK.

Air yang sudah dikeluarkan dari sumur yang kita buat sudah bisa kita pergunakan untuk MCK (mandi, cuci, kakus), tetapi belum tentu layak kita konsumsi. Agar air tersebut layak kita konsumsi harus memenuhi beberapa syarat Fisik, syarat kimiawi dan syarat mikrobiologi :

1. Syarat fisik, antara lain yaitu air harus bersih dan tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, suhu air sejuk dan tidak mengendap.
2. Syarat kimiawi, antara lain yaitu air yang akan kita konsumsi tersebut tidak mengandung bahan kima yang beracun ataupun berlebihan.
3. Syarat mikrobiologi yaitu air tidak mengandung kuman-kuman penyakit, seperti disentri, tipus, kolera dan bakteri penyebab penyakit lainnya.

Dengan standar yang ditetapkan tersebut diatas, maka air yang kita konsumsi akan layak dan aman untuk kesehatan kita. Oleh sebab itu kita harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi air yang akan kita gunakan untuk memasak makanan maupun untuk air minum kita. Karena sehat itu mahal, maka dari itu demi kesehatan tubuh kita dan seluruh anggota keluarga kita, teliti dahulu apakah air yang kita konsumsi dirumah sudah sesuai dengan standar dan syarat-syarat air bersih tersebut diatas???………..