Fungsi Flow switch pada pompa air

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai komponen pompa air ini lebih dalam, mungkin sebagian dari anda sudah ada yang mengetahui kegunaan dari Flow switch.

Flow switch adalah saklar otomatis pompa air yang bekerja karena adanya dorongan air di mana ketika keran di buka air dari tangki/sumber akan mendorong lidah sensor pada flow switch dan menyambungkan pompa air dengan sumber listrik dan pompa hidup.

Fungsi dari Flow switch hanya untuk penggerak flapper dimana air dalam pipa berfungsi sebagai penggerak flapper. Dengan prinsip penggerak mekanik, sebuah tuas penggerak mekanik akan menarik switch sebagai fungsi on dan off flow switch. Agar switch elektrik ini bekerja dengan baik maka sebuah kombinasi mekanik antara penggunaan spring ( per mekanik ) dan sebuah membran akan memaksimalkan fungsi switch secara otomatis sehingga sinyal on off akan terjadi.

flow-switch

Karena Flow Switch bekerja berdasarkan sistem aliran air atau tekanan pada pipa dan kemudian akan aktif sebagai sinyal on off ke fire alarm, maka pemasangan flow switch ini tidak bisa terbalik. Mengingat bahwa switch hanya akan aktif apabila rangkaian mekanis berupa tuas mekanis akan terdorong oleh tekanan / gerakan air dalam pipa dengan arah aliran air yang benar.

error: Content is protected !!