pompa air jet pump

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang fungsi dari tabung pompa air dan pembahasan mengenai pompa air tanpa listrik. Kali ini saya akan membahas mengenai pompa air Jet Pump. Pada dasarnya pompa air berfungsi sama yaitu menghisap air yang berada di bawah tanah, tapi yang perlu anda ketahui adalah setiap pompa air itu berbeda beda ada 2 jenis pompa air yang pertama jenis Jet Pum dan mesin pompa air biasa untuk sumur dangkal.

pompaairjetpump
contoh pompa air jet pum 375 s

Jet Pump sangat baik digunakan sebagai penyedia pasokan air yang sangat penting bagi kebutuhan harian rumah tangga. Jenis pompa air Jet Pump sangat baik untuk digunakan dalam mendapatkan air tanah yang berasal dari lapisan tanah yang cukup dalam.

Jet pump sendiri dapat diklasifikasikan sebagai alat penyedot air yang sangat dalam yang ditunjang oleh motor listrik yang memiliki daya yang besar, baling-baling penyedot air, dan juga penyemprot air yang bertekanan tinggi. Sifat dari jet pump itu sendiri adalah pompa ini dapat mendorong atau mengangkat cairan dari tempat yang sangat dalam.

pompa-air-sumur-dangkal
contoh pompa air sumur dangkal

Pompa ini memakai prinsip ejector, dimana dengan adanya perubahan tekanan dari nozzle yang disebabkan adanya aliran media yang dapat berupa cairan atau gas yang digunakan dalam mengangkat cairan ke atas. Motor Jet Pump sendiri adalah pompa dengan motor dua fasa yang memerlukan adanya kapasitor sebagai penggeser fasa.

Pompa ini tidak memiliki bagian yang bergerak dan dibuat dengan konstruksi yang sangat sederhana, yang tentu saja untuk membatasi ke efektifan kerja dari Jet Pump itu sendiri.

error: Content is protected !!